Jumat, 18 November 2011

Membuat Form login dengan PHP dan MySQL


Banyak teman saya yang menanyakan bagaimana cara membuat form login, namun sudah konek ke database. Sebelumnya saya memang sudah membuatkan tutorial form login disini. Namun, itu masih belum konek ke database. Jadinya masih harus manual dulu untuk masuk login dan username serta passwordnya.
Nah, pada tutorial kali ini saya akan mencoba untuk membuat form login dengan PHP dan juga sudah konek ke database MySQL.
Sebelum memulai Tutorial ini setidaknya anda sudah menginstal web server di komputer anda. Boleh Xampp ataupun wamp. Namun saya merekomendasikan pakai xampp server saja. Karena saya juga menggunakan Xampp di komputer saya.
adapun tools-tools selengkapnya yang kita butuhkan adalah sebagai berikut :
  1. Web Server, contoh : xampp atau lampp , wampApacheTriad
  2. Text editor, contoh: notepad, notepad++Dreamweaver
  3. web browser, contoh: firefox, chrome, opera, IE*
* = not recommended
Setelah semua tools sudah siap atau diinstal, sekarang mari kita mulai tutorialnya.
1. Buat Databasenya terlebih dahulu.
untuk membuat database bisa melalui phpmyadmin dengan cara membuka link http://localhost/phpmyadmin dan kemudian buat database baru. Disini saya membuat database dengan nama form_login
setelah itu kita buat table baru. saya disini membuat table dengan nama login dan dengan 3 field saja. Adapun 3 field tersebut adalah :
jika tidak tahu cara set auto increament dan primary key, silahkan googling.
dan jika semuanya sudah benar seperti diatas, silahkan klik “go” dan jika anda sudah benar mengikut langkah-langkah diatas. maka akan ada tampilan seperti ini :
Nah, setelah semua field sudah dibuat. Sekarang kita input datanya. Cara inputnya tinggal klik tab “Insert”.
Masukkan username “admin” dan Passwordnya “admin” saja, tentunya tanpa tanda petik. Disini saya masih belum menggunkaan enkripsi password. Tutorial Enkripsi password mungkin akan saya buat di artikel berikutnya.
Setelah persiapan database sudah selesai, selanjutnya kita akan berkutat dengan script.
2. Membuat File Konek Database
Untuk, membuat file konek ke database, caranya cukup mudah kok. Adapun caranya adalah sebagai berikut :
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
<?php
$host = 'localhost';
$user = 'root';
$pass = '';
$db = 'form_login';
$con = mysql_connect($host,$user,$pass);
if (!$con)
{
echo "Gagal Konek database ".mysql_error();
}
mysql_select_db($db);
save file diatas dengan nama config.php
Tenang saja, disini saya akan menjelaskan secara terperinci dari script diatas.
maksut dari variabel $host = “localhost” itu berarti host yang akan kita konek bernama “localhost” kemudian variabe; $user = “root” itu artinya kita akan memakai username ‘root”. Kenapa mesti “root”? karena itu settingan username default dari xampp nya. dan passwordnya kosong atau tidak diisi.
Sedangkan pada $con = mysql_connect … itu artinya kita akan konek ke db dengan detail $host, $user, dan $pass.. bisa juga diganti dengan mysql_connect(“localhost”,”root”,”")
dan pada mysql_select_db($db) maksutnya kita akan memilih database mana yang akan kita gunakan. pada tutorial ini saya menggunakan database form_login.
3. Membuat Form login
sepertinya saya tidak usah menjelaskan terlalu panjang tengan fungsi dari form login ini. pastinya anda sudah tahu kalau form login memang untuk login. Adapun scriptnya adalah sebagai berikut :
1
2
3
4
5
<form action="validasi.php" method="post"> username :
<input name="user" type="text" />password:
<input name="pass" type="password" /> <input type="submit" value="login" />
 
</form>
save dengan nama index.php atau index.html terserah anda sebenarnya namanya. namun, biar seragam kita samakan dahulu namanya.
4. Membuat file validasi
fungsi dari file validasi ini adalah kita akan memvalidasi paakah username dan pass’a sesuai dengan yang di Table “login” atau belum, atau username dan passwordnya sudah diisi atau belum.
Scriptnya adalah sebagai berikut :
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
<?php include 'config.php';
$username = $_POST['user'];
$pswd = $_POST['pass'];
if ($username == "" or $pswd == "")
{
echo "Username dan Password tidak diisi";
}
else
{
$query = mysql_query("select * from login where username = '$username' and password = '$pswd'");
$rows = mysql_num_rows($query);
if($rows == 0)
{
echo "username dan atau password salah";
}
else
{
header("location: welcome.php");
}
}
?>
save dengan nama validasi.php
bingung dengan script diatas? sama saya juga sewaktu awal belajar php kelihatanya pusing banget. padahal sebenarnya cukup sederhana kok logikanya.
Tenang akan saya jelaskan script diatas secara garis besar.
$user = $_POST…. itu maksutnya kita mengambil var post dari form login yang input name=”user” begitu juga dengan $pswd = … mengambil var post dari form login yang input name=”pass”.
if($username == “” or .. itu artinya jika $username kosong atau $pswd kosong maka akan tampil “Username dan atau password tidak diisi” jika username dan passwordnya diisi maka nanti logikanya dia akan masuk ke else { … }
$query = mysql_query ….itu maksutnya var queryakan menggunakan fungsi mysql_query yang query mysql nya adalah ‘select * from ….. ‘ artinya nanti si query ini akan mencari apakah ada yang username dan passwordnya sama dengan $username dan $pswd.
$row = mysql_num_rows itu maksutnya dia akan menghitung jumlah baris dari query yang diambil di $query. nah jika tidak ada berarti username dan atau passwordnya salah bukan?
jadi bisa kita tampilkan dengan syntax if ($row == 0) { ..} sedangkan jika username dan passwordnya ada yang sama dengan yang di database maka logikanya akan masuk ke else { .. } dan dia akan langsung di-direct ke halaman welcome.php
5. Membuat Halaman welcome
jika sudah login maka kita akan dilempar ke halaman ini. jadi isi dari halaman ini bebas, tapi pastikan namanya welcome.php karena di file validasi.php jika kita berhasil login maka kita akan dilempar ke halaman welcome.php
Kalau saya yang simple-simple saja seperti ini :
1
<h2>Selamat anda berhasil Login</h2>
Selesai sudah Tutorial membuat form login dengan PHP dan MySQL ini semoga berguna buat anda yang sedang baru-baru belajar di PHP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar